3 Miras Papua Ini Akan Meninggalkan Efek Mabuk yang Kuat, Berani Coba?
Ilustrasi Miras Papua (Foto: humas.lombokbaratkab.go.id)

Bagikan:

Pemerintah menerbitkan aturan terkait investasi miras. Dalam aturan tersebut, hanya ada 3 wilayah yang bisa jadi tujuan investasi, salah satunya Papua. Di luar hal tersebut, tahukah Anda bahwa miras Papua juga banyak diburu oleh wisatawan dan rasanya tak kalah lezat dari minuman khas nusantara lainnya?

Miras Papua yang Berasal dari Alam

Miras alias minuman keras Papua memang berbeda dengan miras internasional. Miras lokal dari Papua biasanya disebut milo, terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Berikut beberapa milo Papua yang meninggalkan efek mabuk berat.

  • Ara Dju

Ara dju adalah minuman keras yang dimiliki oleh Suku Maybrat di Ayamaru, Papua Barat. Suku May Brat biasanya mengonsumsi ara dju pada pesta, pertemuan penting, atau disajikan saat menyambut tamu penting. Ara dju dibuat dari bahan alam, tepatnya dari pohon aren.

  • Sagero

Sagero adalah sebutan arak dari Suku Sentani di Waena, Jayapura. Minuman ini bahkan disebut dengan Minuman Persaudaraan. Seperti arak lain dari Papua, minuman ini juga berasal dari alam. Beberapa suku menyadapnya dari pohon aren, namun ada pula yang menyadapnya dari pohon kelapa.

  • Swansrai

Minuman ini disajikan dalam pesta atau saat ada kunjungan tamu istimewa. Swansrai juga jadi simbol penghormatan dari tuan rumah kepada tamu mereka. Arak ini dibuat dari fermentasi pohon kelapa yang tua dan biasanya disajikan dengan belahan tempurung kelapa kering.

Selain informasi terkait miras Papua, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.