Berkenalan dengan Swansrai, Tuak Enak dari Tanah Papua
Swansrai (Foto twitter/AliObeng)

Bagikan:

Indonesia memiliki berbagai sajian kuliner yang lezat dan unik. Tak hanya makanan, hampir semua provinsi di Indonesia memiliki minuman yang berupa tuak. Tuak sendiri adalah minuman beralkohol hasil fermentasi dari nira, beras, atau bahan minuman/buah yang mengandung gula. Papua sendiri memiliki tuak yang banyak diburu para turis, salah satunya adalah Swansrai.

Mengenal swansiri, tuak dari Papua

Saat berkunjung ke Papua, cobalah mencicipi swansrai. Minuman ini kadang jadi jamuan dari tuan rumah untuk tamu istimewa. Minuman ini jadi simbol penghormatan dari tuan rumah kepada tamu yang berkunjung ke rumah mereka.

Swansrai disuguhkan tidak dengan gelas kaca, melainkan dengan belahan tempurung kelapa yang telah kering. Minuman ini hampir serupa dengan tuak lain, warnanya putih seperti susu. Swansarai dibuat dari fermentasi air pohon kelapa yang sudah tua.

Kandungan alkoholnya juga cukup tinggi, yakni sekitar 20 hingga 30 persen. Kandungan alkohol tinggi ini terasa cukup kuat, rasanya sedikit pahit. Bagi Anda yang tak biasa mengonsumsi alkohol tidak disarankan untuk mencicipinya secara berlebihan.

Tuak khas Papua ini memang tak cukup populer bagi masyarakat umum. Namun siapa sangka bahwa turis atau wisatawan yang berkunjung ke Papua kerap mengincar minuman ini untuk dikonsumsi sendiri.

Selain informasi terkait swansrai, tuak dari Papua, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.