Terungkap! Komet yang Musnahkan Dinosaurus Ternyata Berasal dari Planet Ini
Penyebab musnahnya Dinosaurus (Forbes)

Seorang ilmuwan bernama Amir Siraj berhasil menemukan bahwa musnahnya hewan purban di Bumi berkaitan dengan komet dari planet Jupiter. Bahkan, bencana itu serupa permainan pinball.

“Tata surya bekerja seperti mesin pinball. Jupiter, planet paling besar menendang komet dengan periode terlama yang ada di dalam orbit mendekat ke matahari,” kata Siraj, dikutip VOI dari SkyNews.

Komet itu punya jangka waktu paling lama untuk mencapai orbit matahari sekitar 200 tahun. Benda tersebut asalnya dari sebuah tata surya Oort. Komet terlontar dari Jupiter lalu mengarah ke Matahari.

Dinosaurus Musnah karena Pecahan Komet

Saat mendekat ke Matahari, komet hancur karena gravitasi matahari, lalu pecahannya terlempar ke Bumi dan planet sekitarnya. Pecahan komet itulah yang kemudian memusnahkan dinosaurus di zaman purba dulu. Sedangkan peristiwa hancurnya komet tersebut oleh ilmuwan disebut dengan sungrazing.

“Dan bagian terpentingnya, pada perjalanan pulang ke Oort ada kemungkinan salah satu dari fragmen menghantam Bumi,” sambung Siraj.

Hal serupa juga diungkap oleh ilmuwan bernama Avi Loeb. Ia mengatakan bahwa penelitian itu adalah bukti terjadinya sungrazing, yaitu pecahan objek komet yang membuat dinosaurus musnah.

“Faktanya, jika kamu memecah sebuah objek saat mendekat ke matahari, ini bisa menimbulkan kejadian dan berdampak membunuh dinosaurus,” jelas Loeb.

Riset ini diterbitkan dalam jurna Report Scientific Nature. Amir Siraj dan Avi Loeb mengungkapkan musnahnya dinosaurus diakibatkan oleh material bernama chondrite berkarbon. Material ini juga ditemukan di awan Oort.

Selain informasi terkait komet penyebab musnahnya dinosaurus, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.id.