Emart24 dan Bithumb Kolaborasi Hadirkan Kotak Makanan Bitcoin di Korea Selatan
Emart24, mengumumkan kemitraan baru dengan bursa kripto lokal Bithumb untuk memperkenalkan kotak makanan Bitcoin (foto: x @PiotrOstapowicz ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Rantai toko kebutuhan sehari-hari Korea Selatan, Emart24, mengumumkan kemitraan baru dengan bursa kripto lokal Bithumb untuk memperkenalkan kotak makanan Bitcoin baru yang dapat dibeli di toko ritel itu.

Pada 9 Mei, Emart24 dan Bithumb mengumumkan akan tersedia sekitar 30.000 kotak makanan tersebut, yang akan tersedia menjelang akhir bulan. Setiap kotak akan dijual seharga 5.900 won Korea (Rp 68,6 ribu).

Menurut laporan dari media lokal, seorang perwakilan dari Bithumb mengatakan bahwa pelanggan dapat menerima 10.000 won (Rp117 ribu) bernilai Bitcoin jika mereka mengunduh aplikasi bursa dan memasukkan nomor kupon yang ditemukan di setiap kotak makanan.

Selain itu, Bithumb menawarkan 20.000 won (Rp 234,4 ribu) bernilai Bitcoin bagi pelanggan yang membuat akun Bitcoin dengan bank NH Nonghyup. Juru bicara tersebut mengatakan bahwa pelanggan yang sudah memiliki akun harus menghubungkannya ke Bithumb untuk menerima Bitcoin tambahan.

Bithumb adalah salah satu bursa kripto terkemuka di Korea Selatan. Ini adalah anggota Asosiasi Bursa Aset Digital (DAXA), bersama dengan Upbit, Coinone, Korbit, dan Gopax.

Bithumb juga mengumumkan rencana untuk menjadi bursa kripto pertama yang terdaftar di bursa saham Korea Selatan, meskipun rencananya untuk penawaran perdana telah tertunda.

Pengembangan kotak makanan Bitcoin ini mengikuti hype yang berlanjut atas mata uang kripto setelah acara halving yang dinanti-nantikan, yang terjadi pada 20 April.

Mata uang kripto mencapai harga tertinggi baru pada Maret, hampir mencapai 74.000 dolar AS (Rp 1,18 miliar). Analis menyimpulkan bahwa penurunan harga saat ini terjadi karena para "bullish Bitcoin" mengalami "kebosanan" pasca-halving.

Bitcoin mendapatkan momentum setelah Amerika Serikat memberikan lampu hijau untuk dana yang diperdagangkan di bursa pertama Bitcoin pada 10 Januari.

Di Korea Selatan, pada 7 Mei, berita menyebar bahwa Partai Demokrat yang baru terpilih berjanji akan mengizinkan ETF Bitcoin dan bahwa partai tersebut akan mengajukan permohonan setelah pembukaan Majelis Nasional pada bulan Juni.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, regulasi di Korea Selatan telah lebih memperhatikan ruang kripto. Pada tahun 2024, legislator memperkenalkan hukuman yang lebih berat untuk kejahatan terkait kripto, bersama dengan pedoman baru untuk bursa kripto.

Pada akhir tahun 2023, regulator keuangan di Korea Selatan mulai meminta pengguna kripto di negara tersebut untuk melaporkan bursa yang tidak berlisensi yang menawarkan layanan di wilayah tersebut.